Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.

RESEP: Churros

Written By saltedbuns on Friday, May 24, 2013 | 6:59 PM

Pertama kali menyantap makanan ini waktu berkunjung ke negara orang beberapa tahun lalu. Saat lagi berjalan-jalan di shopping area, liat orang lalu lalang sambil bawa semacam makanan stik panjang banget dengan dibungkus dengan sprinkle kristal seperti taburan gula yang keliatan hangat dan menyenangkan karena kebetulan waktu itu cuaca lagi super dingin dan turun salju. Karena penasaran dan juga pengen nyicipin makanan yang aku belum tau itu, aku mulai celingak-celinguk (serta ngepoin orang yang lagi makan) buat nyari sumber makanan ini. Untung akhirnya ketemu juga sama stand mungilnya (bonus penjualnya yang cute) dipinggiran jalan.

Gigitan pertama rasanya bener-bener sempurna deh, crispy, manis, gurih, dan harum aroma kayu manis, semua mengharu biru menjadi satu bikin badan hangat diudara yang super dingin. Rasa yang sulit untuk dilupakan dan selalu terngiang-ngiang dikepala.

Sayangnya pas balik ke negara tercinta, namanya churros nih belum terlalu se-ngetrend sekarang. Jadilah demi mengobati rasa kangen, aku coba-coba buat sendiri dengan resep hasil colongan internet. Tapiii entah kenapa rasanya ga ada yang senikmat yang aku makan saat itu.

Berbekal rasa penasaran, akhirnya selama kurang lebih 5 hari nonstop bongkar pasang resep sambil nyelip-nyelipin ide sendiri dan voila! akhirnya dapet juga yang serupa walaupun tak sama. Ga papa lah yaa yang penting bisa dinikmati dan diresapi, ihiy.

Fun fact nih, sebenernya churros ini asalnya dari Mexico, yang katanya artinya mini donat karena memang rasanya yang mirip. Lucunya cara pengolahannya justru lebih mirip sama proses bikin kue sus. Kalau di kafe-kafe tempat aku biasa nongkrong tuh churros disajikan sama chocolate dip, ini nikmat juga sih tapi personally aku lebih prefer yang rasa original yaitu disajikan dengan cinnamon-sugar coating soalnya lebih berasa churros gitu. Okedeh semoga resepnya bermanfaat. Enjoy!
CHURROS
                            
BAHAN
250 ml air
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
76 gram butter / mentega
128 gram terigu (protein sedang)
2 butir telur
1/2 sdt vanila extract
TABURAN: 50 gram gula pasir + 1 sdt kayu manis bubuk (atau bisa ditambahkan lagi sesuai selera)

     Cara Membuat
    1. Campurkan air. gula. garam, dan butter dalam panci ukuran sedang, panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukan tepung terigu. Aduk rata, sebaiknya gunakanlah sendok kayu agar tidak panas. Aduk terus sampai kandungan air dalam adonan berkurang supaya churrosnya super crispy bagian luarnya (proses ini memang membutuhkan sedikit tenaga ekstra karena adonan yang sangat padat).
    2. Dalam wadah terpisah. kocok telur dan ekstrak vanila menggunakan garpu. Lalu masukan kedalam adonan tepung. Aduk lagi sampai telur dan adonan tepung tercampur rata.
    3. Panaskan minyak untuk menggoreng, sekitar 10 - 12 inch dalamnya, agar churros dapat matang dengan baik. Masukan adonan churros kedalam alat dekorasi untuk cake. Gunakanlah tip atau ujung semprotan yang berbentuk bintang dengan ukuran besar.
    4. Semprotkan adonan secara memanjang, sekitar 4 - 5 senti, kedalam penggorengan. Gunakan gunting untuk melepaskan adonan dari ujung semprotan. Berhati-hatilah saat melakukan proses ini. Semprotkan beberapa adonan dalam sekali proses penggorengan, jangan terlalu banyak karena nanti matangnya akan tidak merata. Goreng selama 1 menit ditiap sisinya. Churros bisa segera diangkat ketika warnanya telah menjadi kuning kecoklatan.
    5. Campurkan bahan taburan dalam wadah yang datar. Lalu gulungkan churros yang masih hangat pada bahan taburan sampai permukaan churros tertutup taburan gula dan kayu manis. Churros siap dinikmati.
     Tips 
  • # Pastikan minyak benar-benar panas. Untuk itu, sebelum menggoreng dalam jumlah banyak, masukan sedikit adonan terlebih dahulu. Bila adonan segera mengambang beberapa saat setelah adonan dimasukan dalam minyak (tidak tenggelam didasar wajan), maka minyak sudah siap digunakan.
  • # Paling enak disantap selagi hangat. tetapi bisa juga disimpan dalam toples yang kedap udara agar tekstur crispy-nya tidak hilang.
  • # Bila tidak suka rasa dan aroma kayu manis, bisa ganti taburan dengan gula halus atau bisa juga dengan dicelupkan kedalam lelehan coklat dan margarin. Either way, tasted sooooo good!
SHARE

About saltedbuns

1 comments :