Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , , » RESEP: Homemade Pizza (saus bolognais)

RESEP: Homemade Pizza (saus bolognais)

Written By saltedbuns on Sunday, May 26, 2013 | 6:40 AM

Akhir-akhir ini keluarga lagi keranjingan banget sama pizza. Kalo lagi kalap 3 medium size pizza bisa habis dalam sekali sikat. Tapi dasarnya lidah indonesia, biar kata sudah makan roti banyak tetep aja kalo ada yang tanya 'udah makan belum?' kebanyakan responnya pada 'daritadi pagi belum ada makan nih', padahal paginya makan setangkup roti tawar dengan selai, siangnya dua potong pizza, eh sorenya makan lagi beef burger yang dijual depan kampus. Sebenernya ini kadang bukan karena masih ngerasa laper sih, tapi lebih karena terbiasa sehari-harinya mengkonsumsi minimal seporsi nasi sekali dalam sehari. ngeles

Nah, makanya karena aku termasuk dalam manusia-manusia yang menganggap nasi adalah satu-satunya makanan berat, aku coba deh buat supaya pizza-nya terasa lebih light atau ringan. Selain itu bikin sendiri gini juga hemat biaya tapi rasa bersaing dong, cocok deh buat dihidangkan buat acara kumpul-kumpul sama temen atau family. Enjoy!
PIZZA
                            
BAHAN
    adonan dasar:
    125 ml air hangat kuku
    1/2 sdt gula pasir
    1 sdt ragi instant (aku pakai saf-instant yang untuk roti)
    3 sdt minyak sayur atau minyak goreng biasa
    200 gr tepung protein tinggi
    1/2 sdt garam

    Topping:
    3 sdm saus bolognais untuk spaghetti
    1 sdt oregano kering (optional)
    2 buah sosis daging, potong kecil-kecil (optional)
    saus sambal botolan secukupnya kalo mau tendangan rasa pedas
    Keju cheddar parut*
    *kalau mau rasa yang kaya, gunakan keju mozarela.

    *Optional: boleh digunakan boleh tidak sesuai selera

     Cara Membuat
    1. Untuk saus: campurkan semua bahan kecuali keju. Aduk rata, sisihkan.
    2. Untuk adonan dasar pizza: campurkan gula pasir dan air hangat dalam mangkok sampai benar-benar menyatu, masukan ragi dan diamkan selama 5 - 10 menit dalam suhu ruangan (paling bagus diletakan dalam oven atau microwave yang mati agar suhu lebih hangat). Bila campuran ragi dan gula sudah mengeluarkan busa pada bagian atas, masukan minyak dan aduk rata.
    3. Dalam wadah yang lebih besar, masukan tepung dan garam. Buat sedikit lubang ditengahnya, lalu masukan campuran ragi dan uleni sampai adonan lembut dan elastis. Sekitar 10 menitan.
    4. Bentuk adonan menjadi bulatan besar. Letakan dalam wadah yang telah diolesi minyak ataupun mentega. Tutup dengan plastic wrap ataupun serbet bersih selama 40 - 60 menit, sampai adonan mengembang dua kali lipat.
    5. Kempiskan adonan dengan kepalan tangan, lalu pindahkan ke permukaan datar yang telah ditaburi tepung. Bagi adonan menjadi tiga bagian atau lebih, tergantung ukuran pizza yang diinginkan. Bentuk bulat dan pipihkan. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu lalu olesi dengan sedikit minyak dibagian tengah, olesi butter atau mentega dibagian pinggiran.
    6. Olesi saus pizza secara merata pada bagian tengah, taburi topping sesuka hati. Panggang selama 10-15 menit pada suhu 220°C. Taburi parutan keju cheddar sesaat setelah dikeluarkan dari oven.
     Tips 
  • Adonan dasar pizza bisa disimpan dalam freezer. Bungkus adonan pizza yang telah dipipihkan dengan plastic wrap. Keluarkan dari freezer 10 -  15 menit sebelum dipanggang, tunggu adonan sampai lembut sebelum menggunakannya.
SHARE

About saltedbuns

1 comments :