Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.

RESEP: Hongkong Egg Tarts

Written By saltedbuns on Tuesday, May 28, 2013 | 5:52 AM


Beberapa hari lalu, ponakan request minta buatin egg tart gara-gara waktu minggu lalu buat dia ga kebagian. Jadi deh ditengah-tengah keribetan bikin roti, waktu satu jam untuk nunggu roti mengembang, dipakai buat bikin egg tart ini.
Mungkin sebagian familiar, sebagian lagi baru tau sama dessert satu ini. Sekedar informasi aja, egg tart ini populer banget di Portugal, Inggris, dan Hongkong. Simpel sih sebenernya, cuma adonan pie diisi sama campuran telur dan susu, tapi rasanya suppper dong. Umumnya egg tart menggunakan adonan puff pastry (yang crumbly) untuk bagian crustnya atau bisa dibilang mangkuknya, tapi aku lebih suka yang bagian crustnya menggunakan adonan pie (sama juga dengan adonan dasar cookies), jadi sekarang mau share resep yang ini dulu :3

'Cantonese Egg Tarts'

Bahan-bahan:

bagian kulit (crust)
▪  225 gr tepung terigu serba guna 
▪  125 gr butter (dalam suhu ruangan)
▪  50 gr gula halus
▪  1/2 sdt garam
▪  1 butir telur, kocok lepas
▪  1 sdt ekstrak vanila

bagian isi (custards)
▪  3 butir telur
▪  110 gr gula kastor
▪  225 gr air panas
▪  85 gr susu evaporasi
▪  1/2 sdt ekstrak vanila


Cara membuat:

crust
# Campurkan tepung, butter, gula halus, dan garam sampai berbentuk seperti remah-remah kecil. Lalu masukan telur dan ekstrak vanila, uleni sampai kalis atau adonan tidak lengket lagi.



# Ambil sejumput adonan, dan letakan ditengah loyang untuk mini pie. Tekan-tekan adonan agar adonan menutupi seluruh permukaan loyang sampai merata. Perhatikan ketebalan adonan pada tiap sisi loyang, pastikan ketebalannya merata. Sisihkan.


custards
#  Campurkan gula dengan air panas, aduk sampai gula larut

#  Kocok lepas telur dan susu evaporasi, lalu masukan pada cairan gula. Aduk rata




egg tarts
#  Panaskan oven dengan suhu 200C

#  tuangkan larutan custard kedalam adonan crust. Oleskan bagian atas adonan crust dengan kuning telur yang telah dikocok lepas agar menghasilkan warna yang lebih menarik. Panggang selama kurang lebih 10-15 menit, sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan.




#  Pastikan larutan custard matang dengan sempurna, cara paling efektif adalah dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi tidak jatuh ketika ditusukan ke tengah custard, berarti egg tarts telah matang merata. 


note:
*) didinginkan dalam kulkas selama beberapa saat membuat desert ini terasa lebih legit lagi.


bonus hihi

SHARE

About saltedbuns

1 comments :