Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , » RESEP: Roti Sobek

RESEP: Roti Sobek

Written By saltedbuns on Sunday, June 2, 2013 | 6:29 AM

Pagi-pagi tuh paling enak makan roti sambil minum kopi. Apalagi kalo rotinya bener-bener fresh from the oven. Bisa bikin perut hangat seharian. Kalo liat cara buatnya kayanya ribet dan butuh waktu lama, masa harus bangun subuh-subuh cuma buat makan roti untuk sarapan, kayaknya mending beli gitu ya. 

Eits, jangan salah, adonan roti ini bisa disimpan didalam kulkas. Jadi, bisa buat adonan malam harinya untuk dipanggang besok paginya. Caranya mudah, lakukan proses pembuatan sampai proses ke-3, kemudian tutup adonan dengan mangkok besar atau plastic wrap  yang sudah diolesi tipis sama mentega (agar adonan bisa mengembang dengan baik). Besok paginya, keluarkan adonan satu jam sebelum dipanggang (jangan buka penutupnya sebelum waktunya untuk dipanggang). Selamat mencoba :)


ROTI SOBEK
                            
BAHAN
5 gram ragi instant
15 gram susu bubuk
40 gram gula pasir
1/2 sdt garam 
100 ml susu cair, hangat kuku
80 ml air hangat kuku
40 gram butter / mentega
#Egg Wash#
1 butir telur campur 3 sdm air

     Cara Membuat
    1. Campurkan semua bahan kecuali butter sampai tercampur rata. Setelah itu masukan butter dan uleni sampai benar-benar kalis dan elastis atau tarik adonan sedikit, bila terlihat serat-serat tepis dan adonan tidak robek, maka adonan telah siap. Proses ini memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak, untuk itu dibutuhkan kesabaran yang ekstra.
    2. entuk adonan menjadi bulatan besar, letakan dalam wadah yang seluruh permukaannya telah diolesi mentega atau butter. Tutup dengan kain atau plastic wrap, biarkan mengembang kurang lebih 1 jam.
    3. Pindahkan adonan ke permukaan datar yang telah ditaburi tepung. Kempiskan dan bagi menjadi 8 bagian. Bentuk bagian-bagian adonan tersebut menjadi bulatan kecil. Kemudian susun dalam loyang secara merapat satu sama lain. Tutup loyang dengan plastic wrap dan biarkan mengembang untuk ke-dua kalinya selama kurang lebih 1 jam.
    4. Panaskan oven dengan suhu 170°C. Olesi permukaan adonan dengan egg wash agar menghasilkan roti dengan warna yang cantik dan mengkilat. Panggang selama 20-25 menit. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya biarkan roti berada didalam loyang kurang lebih 4-5 menit setelah dikeluarkan dari oven. Sajikan selagi hangat dengan selai dan minuman favorite.

    Tips


  • # Egg wash adalah campuran telur dan air (atau susu) yang diolesan pada permukaan roti atau kue kering supaya terlihat mengkilat dan menarik.
SHARE

About saltedbuns

2 comments :