Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , » RESEP: Puding Kurma

RESEP: Puding Kurma

Written By saltedbuns on Saturday, July 12, 2014 | 3:58 PM

Hari ini pas masuk minggu ketiga puasa, gimana nih puasanya pada lancar ga? Kalau udah pertengahan gini rasanya udah lupa sama puasanya malah sibuk mikirin thr thr thr dan urusan belanja lebaran yang sebenarnya bukan hal yang segitu penting. Eitts, jangan sampai salah fokus loh. Lebaran ada waktunya kok, nikmatin dulu anugrah puasa saat ini karena kita ngga akan tau apakah tahun depan kita bakal bertemu lagi dengan bulan penuh berkah ini, seriously kita ngga akan pernah tau. Jadi, daripada repot mikirin thr kapan keluar, mending fokus sama apa yang ada saat ini, fokus dengan memperbanyak beribadah dan menikmati masa-masa menahan lapar, haus, dan hawa nafsu yang cuma datang setahun sekali. Jangan justru karena sudah menahan hawa nafsu selama puasa, pas buka langsung kalap makan, kalap belanja, kalap gosipin orang, haha jadi ceramah ala mamah dedeh deh padahal niatnya mau share tips puasa.

Ini gara-gara kehebohan keluarga semalam yang rombongan pada ngejar midnight sale di local mall terdekat. Acaranya mulai jam 10 tapi saking aja semangatnya dari jam setengah sembilan malam bukannya tarawih di masjid malah udah siap perang buat berangkat ke mall karena takut kehabisan barang salenya. Manusia yaa, kalau udah namanya memenuhi kebutuhan dunia paling semangat deh, giliran menuhin kebutuhan rohani ogah-ogahan. Loh jadi ceramah part 2 :p

Tapi serius deh, dibulan dimana setiap pahala dilipat gandakan gini, daripada melakukan hal-hal ngga bermanfaat kaya begituan mending diisi sama hal-hal yang mendatangkan pahala barang secuil. Salah satunya pastinya menyediakan menu berbuka yang super buat keluarga. Ingat, ngurus keluarga itu pahala besar banget loh apalagi kalau bikin mereka semua senang. Nah, makanya sekarang aku mau berbagi resep dessert manis dari buah kecintaan nabi, apalagi kalau bukan kurma, yep! Puding kurma ini cocok banget deh buat berbuka apalagi buat mengenalkan atau membuat anak-anak yang ngga doyan kurma jadi mau makan buah yang kaya akan vitamin, kalsium, dan serat ini. Pastikan untuk menyajikannya dalam keadaan dingin ya biar rasa manisnya ngga bikin tenggorokan terasa ngga nyaman. Well, semoga bermanfaat. Enjoy!
PUDING KURMA
                            
BAHAN
160 gram gula pasir
2 bks agar-agar coklat
450 ml santan cair (bisa diganti dengan 500 ml susu cair)
2 sdm coklat bubuk
1/2 sdt garam 
1/2 sdt pasta moka (optional)
100 gram kurma, buang biji dan iris tipis
4 putih telur

     Cara Membuat
    1. Campur santan atau susu, gula pasir, agar-agar coklat, susu bubuk coklat, dan garam. Didihkan pada api sedang. Aduk secara terus-menerus agar tidak menggumpal.
    2. Masukan pasta moka, aduk sampai merata. Angkat (lewati step ini bila tidak menggunakan pasta moka)
    3. Kocok putih telur dengan mixer sampai kaku. Masukan campuran agar-agar secara perlahan kedalam putih telur, aduk balik hingga merata.
    4. Masukan kurma, aduk balik lagi sampai merata. Tuang dalam loyang, dinginkan hingga mengeras dan siap untuk disajikan.
     Tips 
  • # Untuk tahu apakah putih telur sudah kaku atau belum, ambil sedikit kocokan putih telur (meringue) dengan sendok atau spatula lalu balikan, kalau ngga tumpah maka putih telur sudah kaku dan siap digunakan.
  • # Aduk balik (folding) adalah proses pengadukan campuran bahan yang mudah hancur dengan adonan yang lebih padat seperti adonan cair ke kocokan telur. Aduk balik diperlukan supaya adonan bisa tercampur rata dan ngga membuat udara dari adonan hilang karena akan membuat makanan yang kita buat jadi keras- Cara mengaduk balik adalah dengan mengaduk dari tengah ke bawah, lalu putar ke atas. Simpelnya bawah-putar-naik. Gunakan spatula selama proses ini. Kalau masih belum jelas, cek aja video ini .
SHARE

About saltedbuns

1 comments :