Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , » Infused Water untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Infused Water untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Written By saltedbuns on Saturday, October 11, 2014 | 9:34 PM


Biasanya anak-anak tuh paling sulit disuruh makan sayur dan mengkonsumsi apa aja yang sehat-sehat, dan adikku ngga terkecuali. Selain anti sayuran (terkecuali kentang dan wortel), dia paling ngga bisa bahkan cenderung geli sama air putih. Iya, air putih.
Air putih yang seharusnya dikonsumsi sampai delapan gelas sehari untuk melancarkan metabolisme dan membantu membersihkan ginjal dari karat-karat minuman dengan perasa dan pewarna. Jadi setiap harinya, dia cuma mau minum-minuman botol yang kandungan gulanya sama sekali ngga terkontrol. Dia bukan ngga pernah mencoba, tapi katanya rasa air putih itu aneh, berbau tanah, dan hal-hal aneh lainnya padahal sudah dikasih variasi air mineral mulai dari yang rebus sendiri sampai beragam merk-merk yang dijual. Semuanya ngga bisa dia minum dengan alasan yang sama.

Karena khawatir kedepannya nanti malah bermasalah, akhirnya aku mulai cari cara supaya dia bisa minum air putih dengan rasa dan aroma yang dia suka TANPA adanya kandungan gula dan voila! infused water adalah jawabannya. Bagusnya lagi, kita juga bisa ikutan minum untuk pengganti minuman bersoda atau sirop biar lebih sehat pastinya. 



Apa itu infused water? well, ini basically adalah air putih yang ditambahkan sedikit potongan-potongan buah dan didiamkan selama beberapa jam sebelum diminum. Buah yang bisa digunakan juga beragam loh. Adikku termasuk penggemar strawberry dan buah-buah citrus, jadi favoritnya saat ini adalah lemon+lime dan lemon+strawberry infused water. 

Cara membuatnya mudah sekali loh. Siapkan tempat minum besar / jug, potongan buah yang diinginan, air putih, dan sendok kayu yang panjang. Masukan potongan buah kedalam jug, tambahkan air putih dan aduk rata, sesekali tekankan sendok kearah buah agar sarinya keluar sedikit tapi jangan sampai buahnya hancur ya. Diinginkan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum diminum. Untuk buah yang gambapng berubah warna seperti apel, setelah didinginkan ±5 jam keluarkan buah dari botol minumnya.

Kalau bingung mau buat infused water apa, berikut aku kasih beberapa campuran buah (dan herba) yang aku suka. Semoga bermanfaat dan jadi semangat minum air putihnya.

## 1 buah jeruk nipis ukuran sedang (paling mudah) ## 1/2 lemon + 1/2 jeruk nipis ## 1 buah lemon + 3 lembar daun mint ## 1/2 apel + 1/2 lemon ## 5 buah strawberry ukuran kecil + 1/2 lemon ## 1 cup semangka + 1/2 jeruk nipis + 2 lembar daun mint ## 1 buah jeruk mandarin + 5 buah anggur ## 1/2 jeruk mandarin + 1/2 potong mentimun ukuran sedang + 2 lembar daun mint ## 1/2 lemon + 1/2 jeruk nipis + 3 tangkai daun ketumbar ## 1 cup nanas + 3 lembar daun mint ##


SHARE

About saltedbuns

2 comments :