Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , , , » Peralatan Membuat Kue Untuk Pemula

Peralatan Membuat Kue Untuk Pemula

Written By saltedbuns on Sunday, March 8, 2015 | 2:00 PM

Setelah sekian lama akhirnya aku kembali kesini juga. Kenapa baru balik sekarang? Umm to be very honest, aku lupa kalau aku punya blog ini haha.. waktu kemarin iseng buka blogger baru sadar ada blog ini dan terkejut bombay karena visitornya membludak padahal post baru sedikit. Liat statsnya jadi semangat aja pengen nulis lagi.

Berhubung seharian tadi aku belanja peralatan-peralatan membuat kue (nambah koleksi) jadi kepikirian buat ngasih gambaran tentang alat-alat penting apa aja yang dibutuhkan untuk membuat kue bagi para bakers beginner yang belum terlalu berpengalaman. Listnya terbagi dua ya, ada yang pokok alias penting dipunya, ada yang ga perlu-perlu banget tapi akan berguna kalau dipunya. Yuk langsung aja check it out~


BAKING ESSENTIALS 101


# OVEN #

Tentunya ini penting banget! Gimana caranya mau bikin cake kalau gak punya oven? Untuk oven, pilihlah yang ukuran sedang ya jangan terlalu kecil biar gak menyesal dikemudian hari. Pilihan oven juga banyak, ada yang gas, listrik, dan kompor. Terserah aja mau pilih beli yang mana, kalau menurut aku untuk home-baker paling pas memang oven listrik karena sudah dilengkapi dengan timer dan pengatur suhu. Kalaupun mau pakai oven kompor juga gak masalah tapi wajib punya termometer dan timer ya.


# SENDOK UKUR / MEASURING SPOON #

Ini penting supaya takaran yang diminta tepat karena sendok makan dan teh yang biasa terkadang berbeda ukurannya tergantung merknya, sementara sendok ukur ini mau bentuk gimana atau merk apa ukurannya pasti sama jadi udah gak perlu mengira-ngira lagi. Umumnya dijual dalam bentuk set, dalam satu set ada ukuran dari 1 sdt, 1/2 sdt, 1/4 sdt, sampai 1 sdm. Tips: sdm = tbsp | sdt = tsp


# TIMBANGAN / SCALE #

Gak perlu dijelasin panjang lebar juga sudah pada tau ya, gunanya apalagi kalau bukan untuk mengukur berat bahan-bahan membuat kue. Ada dua pilihan timbangan, manual dan digital. Manual tentunya harganya lebih murah dan umum dijual, sementara yang digital sedikit lebih mahal namun beratnya tertulis dalam angka sehingga lebih tepat. Selain itu, dalam model baru timbangan digital juga tersedia penghitungan dalam ons/oz dan ml. Sekali lagi, pilih yang mana dirasa cukup aja gak perlu bingung-bingung.


# GELAS UKUR / MEASURING JUG #

Bukaaaan... bukan gelas ukur yang dipakai di laboratorium, tapi gelas ukur untuk mengukur volume bahan yang berbentuk cairan seperti air, susu, dll. Ini wajib punya, kalau gak bukannya jadi kue malah jadi minuman abstrak. Lebih bagus lagi kalau beli yang kaca dan heat-proof atau tahan panas jadi bisa langsung dimasukan dalam microwave untuk menghangatkan susu atau air. Tapi yang plastik juga gak masalah selama bisa dibuat ngukur. Tips: untuk mengukur cairan, pastikan gelas berada selevel dengan mata kita ya jadi diliat dari depan lurus bukan dari atas atau dari bawah.



# PENGOCOK / WHISK #

Whisk manual ini biasa digunakan untuk mengocok telur atau mengaduk custard yang dipanaskan, dan lain-lain. Wajib dimiliki khususnya bagi yang belum pengen membeli mixer.



# WADAH MANGKOK / MIXING BOWLS #

Usahakan untuk membeli dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang paling besar untuk membuat adonan, yang sedang untuk double-boiler, dan yang kecil (beberapa) untuk wadah bahan-bahan yang akan digunakan supaya saat proses membuat kue gak gelabakan dengan bahan karena sudah disiapkan terlebih dahulu.


# RUBBER SPATULA #

Untuk alat yang satu ini, akan lebih convenient kalau punya lebih dari satu. Kenapa? karena supaya gak ribet cuci pakai, misalnya habis ngaduk tepung mau ngaduk cream, dan sebagainya. Usahakan juga membeli spatula dengan beragam ukuran (besar-sedang-kecil) dan bahan (plastik dan karet). Aku pribadi bahkan memiliki hampir sepuluh spatula dengan warna dan ragam yang berbeda, memang bener-bener mempermudah kegiatan panggang-memanggang.


# KUAS #

Sama seperti spatula, usahakan beli dengan berbagai ukuran dan bahan ya supaya lebih mudah digunakan. Pastikan mengkhususkan kuas yang digunakan untuk mentega/minyak/sejenisnya supaya tidak dipakai untuk bahan yang lain.


# METAL SPATULA / OFFSET SPATULA #

Spatula ini terbuat dari bahan metal, biasa digunakan untuk mengoleskan cream atau selai pada cake.


# LOYANG PEMANGGANG #

Gak perlu terburu-buru untuk langsung membeli semua loyang yang ada. Nyicil aja pelan-pelan, mulai dengan membeli loyang pipih untuk memanggang kue kering (bila tidak tersedia dalam oven), loyang bulat (usahakan yang bongkar pasang/springform), loyang kotak ukuran sedang, loyang bolu yang tengahnya berlubang, lalu menjurus ke yang lebih spesifik. Seperti, loyang untuk muffin dan cupcake (biasa disebut muffin tin), loyang pai, loyang bundar datar untuk pizza, dan loyang kaca (ramekins) untuk souffle dan dessert menarik lainnya.


# PENGGILING / ROLLING PINS #

Digunakan untuk menipiskan adonan seperti cookies dan kulit pai.


--
Sekarang berlanjut ke perlatan yang digunakan untuk home-bakers yang sudah level intermediate keatas.

# MIXER #

Ada dua tipe nih, hand mixer dan stand mixer. Stand mixer jauh lebih mahal daripada hand mixer karena memang powernya lebih kuat dan kegunaannya lebih banyak karena disertai dengan paddle attachment, balloon whisk, dan dough hook. Hand mixer juga gak kalah kok, juga disertai dengan balloon whisk dan dough hook, enaknya karena hand mixer ini kecil jadi lebih hemat tempat untuk menyimpannya. Sebenarnya apa saja bisa kok dibuat tanpa mixer asalkan tangan sanggup aja buat ngulenin adonan roti atau ngocok telur sampai mengembang.


# COOLING RACK #

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk mendinginkan kue yang baru selesai dipanggang. Bentuknya yang berlubang dan disertai kaki-kaki membuat kue tidak basah atau soggy pada bagian bawahnya. Jadi crispy secara keseluruhan.


# SILPAT / BAKING RUBBER MAT #

Kalau biasanya kita memanggang menggunakan kertas roti dan semacamnya supaya gak lengket, sekarang sudah ada yang lebih oke yaitu silpat. Bahannya yang karet bikin makanan apa aja gak bakal lengket ketika dipanggang. Ini favorit aku banget khususnya untuk membuat cookies dan macaroons karena jadi sama sekali gak lengket dan mudah membersihkannya jadi gak mengotori loyang dan bikin sulit buat membersihkannya.


# PASTRY BAG & TIPS #

Umumnya digunakan untuk menghias cake dengan cream. Pastry bag bisa pilih yang plastik (sekali pakai buang), bisa juga yang karet (bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang). Untuk tips/spuit/nozzle, gak perlu beli banyak-banyak, cukup beli yang lingkaran besar dan kecil, bintang besar dan kecil, dan dengan lubang yang kecil untuk hiasan coklat cair.


# MEJA PUTAR #

Meja kecil bulat yang dapat berputar ini paling pas dimiliki buat yang hobi bikin cake hias karena akan jauh mempermudah proses mengias kue.


Nah, kayaknya cukup itu dulu deh nanti kalau ada tambahan akan aku update lagi. Ingat semua yang tertera diatas gak perlu dibeli langsung karena itu judulnya PEM-BO-RO-SAN karena belum tentu semua langsung dipakai disatu waktu kan. Belilah perlahan-lahan dan utamakan yang terpenting dulu supaya gak bikin pusing. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, welcome aboard baker beginners. Happy baking :D
SHARE

About saltedbuns

2 comments :

  1. numpang promosi kami pengrajin loyang menerima pesanan berbagai macam alat bakery & cake. bs custom. call 081219823539

    ReplyDelete