Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , , , » RESEP: Membuat Vanilla Cheesecake

RESEP: Membuat Vanilla Cheesecake

Written By saltedbuns on Sunday, March 29, 2015 | 2:42 AM

Cheesecake! Siapa yang gak doyan dengan dessert gurih satu ini. Udah hampir semingguan belakangan ini aku coba-coba bikin cheesecake sendiri tapi ternyata hasilnya gak sesuai sama yang aku bayangkan. Percobaan pertama nyomot resep dari buku 'Ovenly' tapi cheesecakenya gak mau padat, sudah didiamkan dikulkas semalaman tetap aja lembek. Bahkan sampai aku masukin freezer juga gak ngaruh. Ternyata penyebabnya ini adalah kurangnya heavy cream sehingga adonan kue gak mau mengeras.

Gak menyerah disitu aja, aku coba lagi kali ini menggunakan resep dari foodnetwork. Lagi-lagi gagal, cheesecake yang dihasilkan malah lumpy dan padat banget, rasany super eneg! Setelah aku browsing dan cari tau ternyata ini dikarenakan cream cheese yang aku gunakan suhunya masih terlalu dingin. Jadi idealnya sebelum digunakan, cream cheese harus dikeluarkan dari kulkas dan diamkan pada suhu ruang kurang lebih selama 2 - 3 jam. Emang sih cukup makan waktu ya, tapi dijamin worth it karena produk akhirnya bakalan light and fluffy!


Setelah beberapa kali percobaan lagi (dan 2 kilogram cream cheese terbuang sia-sia) baru deh akhirnya aku bisa dapat sesuai seperti yang aku mau, dari mulai rasanya yang gurih manis sampai teksturnya yang lembut dan ringan namun tetap padat. Untuk crustnya (atau bagian bawah) aku menggunakan digestive biscuit keluaran Roma. Pakai biskuit lain bisa juga sih, tapi secara pribadi menurut aku digestive biscuit ini paling pas karena teksturnya lebih kasar / grainy dan rasanya lebih gurih dari pada biskuit susu yang manis jadi lebih cocok untuk disandingkan dengan cheesecakenya.


Untuk garnishnya aku tambahkan saus stroberi yang aku buat dengan cara merebus selai stroberi yang bisa dibeli di toko bahan kue dan air sampai selai menjadi sedikit mencair. Bisa tambahkan gula kalau memang kurang manis. Selain itu, juga aku tambahkan hiasan coklat yang aku buat sendiri. Fyi, cara membuat garnish coklat seperti di gambar mudah banget loh. Kalau mau tutorialnya komen dibawah yaa, kalau banyak yang minta bakal aku buatkan video khusus untuk membuat garnish coklat super mudah.

Selain hal-hal tersebut diatas, salah satu hal essential untuk membuat cheesecake adalah dengan menggunakan loyang bulat bongkar pasang (springform). Ini penting ya supaya chessecake gak hancur ketika dikeluarkan dari loyang.



Oke daripada berpanjang lebar lagi, langsung aja comot resepnya. Semoga bermanfaat. Enjoy! :)

Vanilla Cheesecake
                            
BAHAN
    250 gram digestive biscuit, hancurkan
    150 gram margarin, lelehkan
    120 gram gula pasir
    3 sdm tepung maizena
    900 gram creamcheese, suhu ruang
    2 butir telur
    115ml fresh cream
    1 sdt vanilla extract

     Cara Membuat
    1. Campurkan biskuit da mentega cair. Padatkan dalam loyang yang telah dioles mentega. Panggang pada suhu 180C selama 10 menit. Sisihkan
    2. Kocok cream cheese, gula, dan tepung maizena sampai creamy dan merata
    3. Masukan telur satu persatu sampai benar-benar tercampur
    4. Tambahkan fresh cream dan vanilla secara perlahan dan kocok sampai adonan menjadi lembut.
    5. Tuang adonan pada loyang, Ratakan bagian atasnya lalu panggang pada suhu 200C selama 40 - 45 menit. Dinginkan sejenak lalu masukan kedalam kulkas paling sebentar 3 jam sampai cheesecake mengeras. Jangan lewatkan proses pendinginan dikulkas ini.
     Tips 
  • # Jangan memanggang terlalu lama. Cheesecake siap dikeluarkan dari oven bila pada pinggir bagian atas sudah padat dan kecoklatan sementara pada bagian tengah terlihat lembut dan bergoyang-goyang.
  • # Pastikan creamcheese benar-benar pada suhu ruang sebelum digunakan.
  • # Tepung maizena berguna untuk mencegah bagian atas cheesecake cracking atau retak.
SHARE

About saltedbuns

1 comments :