Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , , » RESEP: Banana Bread / Roti Pisang

RESEP: Banana Bread / Roti Pisang

Written By saltedbuns on Tuesday, March 10, 2015 | 7:06 AM

Hari ini lagi-lagi dapat request dari keluarga buat bikin molten cake untuk kesekian kalinya. Untungnya bikin molten cake ini cepet banget dan gak ribet jadi sisa waktu tadi aku pakai deh buat bake kue lainnya. Kebetulan dirumah ada pisang yang sudah kematengan, lembek dan manis banget. Jadi deh aku putuskan buat nyoba bikin banana bread modal resep dari foodnetwork.

For the record, ini sebenarnya pertama kali aku bikin dan merasakan namanya banana bread. Awalnya begitu liat resepnya agak skeptis juga sih karena ada kayu manis didalamnya. Memangnya kayu manis sama pisang bisa kompak? But I give it a go anyway karena prosesnya mudah lagian pisang yang udah terlalu matengnya gak ada yang mau makan lagi kalau dibuang kan sayang.

Resep aslinya sih menggunakan tiga buah pisang ambon nah dirumah adanya pisang mahuli (pernah denger gak? pisang asli kalimantan hehe mungkin samaan dengan pisang mas kali ya) jadi aku pakai itu aja. Pisang mahuli ukurannya jauh lebih kecil sih, yang tadinya cuma perlu tiga, aku tambahin jadi enam, dan hasilnya oke banget.



Begitu banana bread lagi dipanggang di oven, pandangan skeptisku seketika lenyap diganti sama keenggak sabaran pengen keburu menyicip. Aroma harum, crisp, dan comforting, tipikal aroma kayu manis langsung menyebar keseluruh penjuru rumah menarik perhatian karyawan-karyawan yang langsung pada kepo "apasih itu apaan itu" "cobain dong" "mau dong nyicip". Ini aromanya aja udah bikin warga satu rumah heboh apalagi rasanya ya.

Bener aja, bahkan aku sendiri pas pertama kali gigit rasa dalam hati membuncah campur aduk bahagia, senang, kagum, kaget, semacam kalau kita ketemu orang ganteng dan langsung yakin kalau dia adalah belahan jiwa kita, ihiy. Rasanya unexpectedly INCREDIBLE. Gigitan pertama lidah langsung bisa mendeteksi keberadaan pisang dan kayu manis yang seimbang, tanpa rasa manis yang berlebihan. Gak nyangka kalau kayu manis dan pisang bisa jadi satu rasa yang sangat kompak, simple, dan unik di lidah, bikin pengen makan lagi lagi lagi dan lagi. Bayangin aja, satu loyang ukuran 9inch, langsung lenyap seketika gak sampe satu jam. Oh ya diluar rasa, bagian penting lainnya dari roti ini adalah tekstur dalamnya yang lembut tapi gak sampai crumbly alias cukup padat dipadu dengan bagian luarnya yang crispy nan menggoda bikin lidah bergoyang.

Kalau cinta pada pandangan pertama itu ada, ini yang pertama kalinya buat aku. Ahh~ indah ya dunia haha pokoknya ini immediately masuk top 10 favorite baked goods, Oh ya, pelajaran yang bisa aku ambil dari ini semua adalah jangan judge makanan dari bahannya, bisa jadi yang kita pikir bakal aneh malah menimbulkan sensasi yang unik dan bombastis.

Tadi begitu nyicip ini saking terkesimanya sampai langsung buru-buru mau ngepost di blog biar bisa cepet share ke readers buat dicoba. Buruan dicoba ya ini recommended banget-bangetan! Enjoy :)

BANANA BREAD
                            
BAHAN
    170 gram gula pasir
    115 gram margarine
    2 butir telur ukuran besar
    3 buah pisang ambon (yang sangat matang)
    1 sdm susu cair
    1 sdt kayu manis bubuk
    235 gram tepung terigu
    1 sdt baking powder
    1 sdt soda kue
    1 sdt garam

     Cara Membuat
    1. Panaskan oven pada suhu 163C. Olesi loyang (loaf pan) dengan margarin. Sisihkan.
    2. Kocok gula dan mentega dengan menggunakan mixer sampai mengembang dan berwarna sedikit pucat. 
    3. Dalam mangkok kecil, lumatkan pisang sampai halus menggunakan sendok. Tambahkan susu cair dan kayu manis bubuk, aduk rata. 
    4. Masukan pisang yang telah dilumatkan kedalam adonan mentega dan gula, aduk dengan menggunakan spatula sampai merata. Kemudian tambahkan tepung, baking powder, soda, dan garam. Jangan terlalu lama mengaduknya, aduk hanya sampai tepung tidak terlihat lagi
    5. Panggang dengan suhu 163C selama kurang lebih 1 jam 10 menit. Diamkan dalam loyang selama beberapa saat sebelum dikeluarkan.
     Tips 
  • # Pisang yang digunakan harus benar-benar matang dan teksturnya sangat lembek.
  • # Mengaduk adonan tidak boleh terlalu lama karena akan membuat banana bread menjadi keras
  • # Bila ingin, bisa ditambahkan kismis atau buah-buah kering dalam adonan untuk menambah cita rasa
**special thanks to original uploader for this glorious and amazing recipe**

SHARE

About saltedbuns

1 comments :