Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » , , , , » RESEP: Cara Membuat Molten Cake

RESEP: Cara Membuat Molten Cake

Written By saltedbuns on Monday, March 9, 2015 | 2:54 AM

It's Sunday yall!! 
Gak ada hari yang lebih indah buat bersantai leyeh-leyeh nonton film-film yang lumayan baru sambil nyemilin kue buatan sendiri selain dihari minggu.
Berhubung cuaca sedang sendu gak keruan, akhirnya mutusin buat bikin molten cake, lumayan lah bisa dicemil sambil nonton 'Fifty Shades of Grey' film yang kemarin sempat menggemparkan dunia (dibuat-buat aja sih) haha.. 



Overall ya filmnya cukup intense utamanya bed scenenya karena basically itu point ceritanya, at least untuk part 1 ini. Aku gak akan berpanjang lebar membahas tentang film ini karena sudah jelas ini film dewasa dan blog ini termasuk bebas dibaca oleh segala macam lapisan masyarakat, iyeh. Yang pasti filmnya oke lah ya. Eh ya tapi jadi ragu juga sih, gak tau apa karena Jamie Dornan yang SUPER FIIIIINE atau molten cakenya yang luar biasa nikmat, film yang sebenarnya biasa-biasa aja ini jadi seru dan menyenangkan juga buat ditonton. Favorite banget part yang.............. eh gak deh gak jadi, lupa kalau gak mau panjang lebar bahas film ini hehe keterusan bisa berbahayaaa.

Daripada bahas movienya, ada loh yang gak kalah intense dari punishment scene christian-ana, yaitu molten cake hasil garapan aku. It is de-light-ful! Coklatnya strong, manisnya pas dan gak overpowering, tekstur lembut diluar dan ooey~gooey didalam bener-bener mengintimidasi lidah! 

Funfact, pada tau gak kenapa kue ini dinamai Lava Cake atau Molten Cake? Yuuupp purely karena teksturnya yang kokoh dan padat diluar tapi begitu dipotong, tekstur dalamnya justru bertolak belakang, masih gooey dan lembut seperti lava dalam gunung merapi atau seperti molten yang meleleh kalau terkena panas yang super. Tekstur seperti ini bisa dihasilkan karena bahan cairnya (seperti coklat, mentega, dan telur) lebih banyak daripada bahan padatnya (tepung dan gula) sehingga ketika dipanggang, bahan padat akan membentuk tekstur padat yang lembut dibagian luar sementara bahan cair menghasilkan tekstur gooey dibagian dalam. Ditambah lagi proses pemanggangannya yang tidak membutuhkan waktu lama dan suhu rendah, hingga terciptalah dessert bertekstur unik dengan ledakan rasa coklat yang luar biasa ini.

Point penting dari cake ini apalagi kalau bukan coklatnya. Nah, untuk itu penting banget loh menggunakan coklat dengan kualitas baik. Kalau mau versi yang sophisticated bisa pakai Lindt dark chocolate dijamin rasa coklatnya nendang. Tapi bisa juga kok pakai coklat khusus baking, favorit aku so far sih keluaran Elmer. Coklatnya berasa banget dan ga meninggalkan rasa gak nyaman dimulut setelah dimakan. Recommended deh untuk digunakan dalam baking khususnya molten cake ini.



Yuk ah daripada keringat dingin membayangkan kenikmatan molten cake ini, silahkan langsung dicoba buat sendiri. Enjoy the recipe!
MOLTEN / LAVA CAKE
                            
BAHAN
150 gram dark cooking chocolate (potong-potong)
75 gram margarin
1 sdm coklat bubuk
4 butir telur
110 gram gula pasir
75 gram tepung protein sedang
1/2 sdt baking powder
taburan: gula galus

     Cara Membuat
    1. Lelehkan dark coklat dan mentega dengan double-boiler. Sisihkan.
    2. Panaskan oven pada suhu 160C. Olesi loyang muffin dengan mentega dan taburi dengan coklat bubuk seluruh sisinya
    3. Kocok telur dan gula sampai mengental menggunakan pengocok tangan. Kemudian masukan tepung, baking powder, dan coklat bubuk yang telah diayak terlebih dahulu. Tambahkan cairan coklat dan mentega lalu aduk hingga merata
    4. Tuang kedalam loyang kemudian panggang selama 10 menit.
    5. Diamkan beberapa saat sampai tekstur luar mengeras sebelum cake dikeluarkan dari loyang. Taburi dengan gula halus dan sajikan selagi hangat.
     Tips 
  • # Double-boiler yaitu dengan memanaskan dengan cara meletakan bahan pada mangkuk tahan panas, mangkuk tersebut kemudian diletakan diatas panci yang telah diisi air. Usahakan air tidak menyentuh bagian bawah mangkuk. Gunakan api sedang, panaskan hingga coklat meleleh.
  • # Setelah dikeluarkan dari oven, cake akan terlihat seperti gel pada bagian atasnya, diamkan sebentar diluar oven agar bagian atas mengeras. Jangan dipanggang terlalu lama karena akan menghilangkan tekstur gooey dari molten cake
  • # Adonan molten cake dapat disimpan dalam kulkas. Caranya, lakukan proses nomor 1 - 3. Kemudian tuang kedalam loyang dan tutup loyang menggunakan plastic wrap. Bila ingin dikonsumsi, keluarkan kurang lebih 30 menit sebelum dipanggang.
SHARE

About saltedbuns

1 comments :